Sudah 54 tahun lamanya sejak peluncuran astronot kucing ke luar angkasa.

felicette kucing astronot - Mengenang Félicette, Kucing Pertama yang Berangkat ke Luar Angkasa
Felicette, kucing pertama yang terbang ke luar angkasa.

Kucinglucu.net – Tidak hanya hanya manusia seperti Neil Armstrong yang meluncur dan menginjakkan kakinya di luar angkasa. Beberapa binatang peliharaan yang menggemaskan juga ada yang menjadi astronot. Contohnya seekor anjing bernama Laika, dan kucing bernama Félicette.

Namun sayangnya perhatian terhadap astrocat pertama ini sekarang sedikit terlupakan, tak seperti bagaimana orang mengenal Laika.

(Baca juga: Socks, Kucing yang Meluluhkan Hati Mantan Presiden Amerika Serikat).

Seperti dilansir dari foxnews, sudah 54 tahun lamanya sejak peluncuran astronot kucing. Pada tanggal 18 Oktober 1963, seekor kucing Perancis bernama Félicette menjadi kucing pertama sekaligus satu-satunya kucing yang berangkat ke luar angkasa.

Félicette meluncur ke luar angkasa dari pangkalan base di gurun Sahara dan dengan menggunakan roket Véronique AG1. Dia terbang sejauh hampir 100 mil (157 kilometer) di atas permukaan bumi.

Namun kecepatan roket mendadak bermasalah. Kecepatannya meningkat enam kali dari yang diperkirakan. Tetapi Félicette yang cerdas bisa kembali ke bumi secara selamat menggunakan kapsul kecil yang dirancang khusus.

“Selama 54 tahun terakhir, cerita tentang kucing pertama dan satu-satunya yang pernah pergi ke luar angkasa nyaris terlupakan. Padahal dia layak dikenang,” kata seorang astronot, dilansir dari Fox News, Minggu (12/11).

Sejak saat itu, tidak ada lagi kucing yang mencoba perjalanan ke luar atmosfer bumi. Meski demikian Felicette bukanlah binatang pertama yang menjadi astronot. Sebelumnya seekor tikus putih bernama Hector menjalani misi yang sama pada tanggal 22 Februari 1961.

felicette kucing astronot2 - Mengenang Félicette, Kucing Pertama yang Berangkat ke Luar Angkasa

Foto diatas diambil setelah Félicette kembali ke bumi. Foto tersebut diserahkan ke anggota tim berisi kata-kata :”Terimakasih atas partisipasi anda dalam misi sukses saya pada tanggal 18 Oktober 1963″.

(Baca juga : 5 Kucing Menggemaskan ini Tetap Ceria Meski Memiliki Keterbatasan Fisik).

Komentarmu Apa?