Bastet, Dewi Perlindungan Masyarakat Romawi

255

Kucing dikenal manusia sejak dulu, bahkan disebut perlambangan dewi perlindungkan bernama Bastet.

Kucinglucu.net – Catlovers pernah denger Bast dewi pelindung bangsa romawi? dia ternyata juga digambarkan sebagai manusia berkepala kucing loh! mau tau lebih banyak? yuk kita baca..

(Baca juga : Astronot Kucing Pertama di Dunia akan Dibuatkan Patung Memorial ).

Bast dikenal juga  dieja Bast, Baast, Ubasti atau Bastet. adalah dewi perlindungan dan kucing di Mesir Kuno. Ia putri dari Ra, sang dewa matahari. Dewi ini dipuja semenjak masa Dinasti Kedua. Pusat pemujaannya terletak di Per-Bast (Bubastis dalam bahasa Yunani).

Bastet digambarkan sebagai seorang perempuan dengan kepala kucing yang jinak. Namun, sampai 1000 SM ia digambarkan sebagai singa betina. Ketika Ra menghancurkan musuhnya Apep, Bastet biasanya digambarkan sebagai kucing. Ketika digambarkan sebagai kucing, dia dihubungkan dengan bulan (anaknya Khonsu adalah dewa bulan). Ketika ditampilkan sebagai singa betina, ia dikaitkan dengan sinar matahari.

BACA JUGA : Acara TV Swasta dihujat Karena Menghina Kucing Domestik             bastet dewi 150x300 - Bastet, Dewi Perlindungan Masyarakat Romawi
Bast adalah dewi api, kucing, pelindung rumah dan wanita hamil. Menurut salah satu mitos, dia adalah personifikasi jiwa Isis. Dia juga disebut sebagai “Putri dari Timur”.

Bastet seperti halnya kucing memiliki dua sisi kepribadiannya, jinak dan agresif. Dia jinak dan lembut dipandang di samping tugasnya sebagai pelindung rumah, dan wanita hamil, serta agresif karena sifat alaminya.\

waah, baru tau ya kalau kucing ternyata sudah dipandang manusia sejak zaman dahulu loh..

(Baca juga : Ini yang Terjadi Saat Kucing Menguasai Dunia, Lihat Fotonya )

Komentarmu Apa?