Benarkah Kucing Mengeluarkan Air Mata Tanda Ia Sedang Menangis ?

1249

Air mata kucing bukan karena emosional tapi karena alasan medis.

catcrying2 - Benarkah Kucing Mengeluarkan Air Mata Tanda Ia Sedang Menangis ?
Benarkah kucing mengeluarkan air mata tanda ia sedang menangis ?.

Kucinglucu – Kamu pernah melihat kucing kesayanganmu mengeluarkan air mata ? atau melihat kucing lain di sosial media ?. Menurut kamu apakah kucing tersebut memang benar-benar sedang menangis ?.

(Baca juga : Kucing Suka Menjilati Kamu ?. Ini Alasannya ).

Ada banyak cara kucing menyampaikan emosi kepada orang sekitarnya ataupun ke satu sama lain. Perilaku dan bahasa kucing ini sendiri sebenarnya sudah banyak yang meneliti. Namun ada diantaranya yang sampai saat ini masih diperdebatkan, diantaranya yaitu benarkah kucing bisa menangis ?. Jika bisa apakah ia juga mengeluarkan air mata seperti manusia pada umumnya ?.

Kucing menangis tanda respon terhadap penyakit.

cat crying - Benarkah Kucing Mengeluarkan Air Mata Tanda Ia Sedang Menangis ?

Seperti dilansir dari Parade Magazine, saat kucing mengeluarkan air mata bukan berarti ia sedang menangis. Kucing memiliki kalenjar air mata yang sama pentingnya seperti pada manusia. Fungsi air mata ini adalah untuk melubrikasi permukaan bola mata dan mengeluarkan kotoran yang masuk ke mata. Tanpa air mata, permukaan bola mata kucing tidak terlindungi kesehatannya.

Jadi saat kucing terlihat menangis, air matanya semata-mata hanyalah respon terhadap cedera atau penyakit yang berkaitan dengan mata mereka. Contohnya seperti mata kering, infeksi mata karena debu, dicakar kucing lain, alergi, konjungtivitis, dan masalah struktur tengkorak – kucing dengan kepala bundar seperti kucing Persia lebih sering mengeluarkan air mata.

Kucing memiliki emosi.

cat crying1 - Benarkah Kucing Mengeluarkan Air Mata Tanda Ia Sedang Menangis ?

Jadi kucing menangis dan sedih cuma mitos ?. Tentu tidak. Kucing juga memiliki emosi layaknya manusia. Para peneliti menemukan bahwa kucing bisa membaca mimik muka manusia dan bisa merasakan serangkaian perasaan seputar manusia dan hewan lainnya. Kucing punya cara sendiri menunjukkan emosinya tersebut, misalnya pada anak kucing yang merasa kehilangan ibunya, mereka akan menangis dengan cara berteriak dan mengeong keras seolah berkata “kami disini”. Sementara jika kucing bahagia mereka akan mendengkur dan bermain. Kalau kucing sedih mereka cenderung menarik diri, kehilangan nafsu makan dan menjadi lesu.

Berdasarkan hasil penelitian, manusia adalah satu-satunya hewan yang menangis mengeluarkan air mata ketika merasakan kesedihan atau emosi yang kuat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kucing memang mengeluarkan air mata namun bukan karena emosional melainkan karena medis. Jika kamu melihat kucing kesayanganmu mengeluarkan air mata, kamu jangan mengkhawatirkan perasaannya ya cat lovers, tapi perhatikan kesehatannya. Karena bisa jadi ada gangguan pada matanya sehingga ia mengeluarkan air mata.

(Baca juga : Viral, Foto Orang Tua Lebih Sayang Kucing Dibanding Anaknya, Ternyata ini yang Terjadi ).

Komentarmu Apa?