Cara Basmi Jamur (Ringworm) pada Kucing

1292

Jamur (ringworm) adalah penyakit yang umum ditemukan pada kucing. Selain menyebabkan gatal dan bulu rontok, ringworm juga bisa menular pada manusia.

jamur ringworm - Cara Basmi Jamur (Ringworm) pada Kucing
Cara basmi jamur (ring worm) pada kucing.

Kucinglucu.net – Pernahkah kamu mendapati kucingmu sering menggaruk dan pada sebagian tubuhnya bulu rontok atau botak dengan pola bulat kemerahan ?. Jika kamu mendapati gejala tersebut maka kemungkinan besar kucingmu terkena penyakit jamur.

(Baca juga: Waspada ! Penyakit Berikut Mengintai Kesehatan Kucing Anda Di Musim Penghujan).

Jamur (ring worm) adalah satu penyakit yang paling umum ditemukan pada kucing. Penyakit ini biasanya disebabkan karena kondisi lingkungan tempat hidup kucing yang lembab atau kurang bersih.

Ringworm sendiri dapat sembuh dalam waktu 4-6 bulan tanpa diobati. Tapi karena sifatnya yang sangat menular, maka jika tidak ditangani secara serius akan menyerang kucing lain bahkan kepada manusia yang melakukan kontak langsung dengan carrier (pembawa). Meski begitu bukan berarti kita harus menjauhinya. Kamu bisa mengobati kucingmu dengan langkah-langkah berikut ini.

ringworm2 - Cara Basmi Jamur (Ringworm) pada Kucing
Ringworm pada kucing dan manusia. (Gambar: kucingkita.com)

1. Pisahkan kucing yang terkena jamur dengan kucing sehat lain. Sebisa mungkin dalam ruang berbeda dan pisahkan juga penggunaan alat-alat kebutuhannya seperti tempat makan?minum, sisir, handuk dll. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir spora ringworm agar tidak menyebar.

karantina 1024x576 - Cara Basmi Jamur (Ringworm) pada Kucing
Karantina kucing.

2. Untuk memudahkan pengobatan, pangkas bulu pada area yang terkena jamur.

3. Mandikan kucing dengan shampoo yang mengandung sulfur atau shampoo khusus jamur contohnya sebazole, malaseb, dan lain-lain yang bisa mudah anda dapatkan di petshop.

4. Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan bulu kucing dengan benar. Bulu yang lembab dapat memperparah perkembangan jamur. Gunakan kanebo dan atau hair dryer untuk membantu proses pengeringan.

20160717152139 - Cara Basmi Jamur (Ringworm) pada Kucing
Keringkan bulu kucing dengan benar.

5. Obati dengan salep, cream atau spray anti jamur. Contoh salep untuk jamur ketoconazole, minyak VCO (virgin coconut oil).  Jika diperlukan kamu juga bisa memberikan obat dalam (oral) dengan mencampurkan ke dalam makannannya. Pastikan sesuai dengan resep yang diberikan dokter hewan yaa.

6. Berikan vitamin untuk kucing agar daya tubuhnya tetap fit dan penyakit tidak mudah menyerang kembali.

7. Cuci dan bersihkan kandang, peralatan yang terkontaminasi dengan desinfektan.

8. Langkah terakhir sekaligus untuk pencegahan adalah jaga selalu kebersihan rumah. Ruangan yang lembab dan kotor adalah tempat favorit jamur untuk tumbuh. Pastinya kamu nggak mau kan jika kucingmu sakit ?.

bersihkan rumah - Cara Basmi Jamur (Ringworm) pada Kucing
Jaga selalu kebersihan rumah.

Nah demikianlah cara membasmi jamur (ringworm) pada kucing. Jaga selalu yaa kesehatan kucingmu, karena didalam kucing yang sehat terdapat owner yang hebat !.

.

 

 

Komentarmu Apa?