Cara Mengatasi Kucing Muntah dengan Mudah

Sangat banyak kondisi yang dapat menyebabkan kucing muntah setiap hari. Dalam kasus ini sangat diperlukan pengobatan, namun beberapa di antaranya tidak perlu tindakan khusus. Jadi jangan khawatir, cara mengatasi kucing muntah itu tidaklah sulit.
Cat Lover harus segera membawa kucing ke dokter hewan jika terdapat gejala lainnya seperi berprilaku aneh, penurunan berat badan, bahkan lemas, lamban dalam bergerak. Namun, apabila kucing terlihat biasa saja tidak mengalami hal diatas tadi, kemungkinan kucing muntah bukanlah masalah yang terlalu serius.
Inilah beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan kucing anda muntah setiap hari :

1. Makan Terlalu Cepat (Tergesa – Gesa)

Yang pertama penyebab yang umum dari kucing muntah setiap pagi hari adalah makan terlalu cepat (Tergesa-Gesa). Makan Tergesa-gesa biasa dialami oleh kucing yang jarang mendapat makanan (Telat). Maka kucing itu ketika menemukan makanan, akan cepat menghabiskan makanannya untuk cepat dihabiskan.
Hal ini terjadi karena kucing sangat lapar atau juga mungkin kucing takut jika makanannya akan direbut oleh hewan lain dan bisa juga memang memiliki kebiasaan makan cepat.
Jika makan terlalu cepat, biasanya kucing akan memuntahkan makanannya beberapa saat kemudian. dan muntahan itu akan terlihat seperti makanan semula, tandanya bahwa kucing tidak mengunyah dengan baik.
Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu memberikan makanan sedikit demi sedikit setiap harinya jangan terlalu banyak di setiap waktu makan.

2. Parasit

Kucing mengalami muntah bisa saja dipicu oleh terdapatnya parasit di dalam tubuh. Bebrapa contoh kasus parasit di antaranya cacing gelang atau cacing pita. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada anak kucing, akan tetapi bisa terjadi pada kucing dewasa yang pernah terkena cacing namun tidak mendapatkan pengobatan yang baik.
Cacing yang terdapat pada tubuh kucing dapat menyebabkan gangguan pencernaannya, iritasi, peradangan dan pada akhirnya akan memicu kucing muntah.
Dokter hewan biasanya akan melakukan pemeriksaan kotoran kucing untuk dapat mengetahui jenis cacing apa yang terdapat dalam tubuh kucing.
Hal tersebut terkait dengan pengobatan yang dilakukan, dikarenakan setiap cacing akan memerlukan penanganan yang berbeda.

3. Gulungan Bulu

Seekor kucing yang telah memiliki gulungan bulu di dalam perutnya atau saluran pencernaannya maka akan sering muntah, sebagai upaya untuk membersihkan dirinya.
Disaat terdapat benda yang asing didalam perutnya, maka kucing akan berusaha untuk memuntahkannya. Mereka (kucing) biasanya memancing muntah dengan cara memakan rumput atau lainnya.
Rajin – rajinlah menyikat bulu kucing, ini akan membantu meminimalkan jumlah bulu yang lepas yang tertelan oleh kucing, dan mencegah pembentukan gulungan bulu-bulu pada perut kucing.
Demikianlah tips cara mengatasi kucing muntah. Informasi tersebut didapatkan dari beberapa fakta pemilik kucing yang sharing bersama penulis.
Jangan lupa follow instagram @kucinglucunet.   dan Fanspage Kucing Lucu

About KucingLucuNet

Cinta kucing sejak kecil. Paling seneng sama jenis Indonesian Short Hair.

Check Also

Kucing muntah bulu, normalkah ?.

Kucing Muntah Bulu, Normalkah ?

Normalkah jika kucing muntah bulu atau hair ball ? Kucinglucu.net – Hallo aunty uncle, sebagai …