Ciri-Ciri Kucing Terkena Dehidrasi

5032

Kucinglucu.net – Kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu aktivitas kucing dan kesehatan kucing itu sendiri. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi dapat diakibatkan oleh cuaca yang panas atau aktivitas yang berlebih. Selain makanan, kucing juga membutuhkan asupan air yang cukup agar terhindar dari kehausan.

(Baca jujga : Kucing Kotor ? Jangan Ragu untuk Memandikan ).

Di Indonesia, iklim tropis merupakan penyumbang terbesar penyebab dehidrasi pada kucing. Sinar matahari yang menyengat saat kucing berada diluar ruangan tentu menguras asupan air yang dikonsumsi oleh kucing. Saat kucing kepanasan dia akan malas melakukan kegiatan yang disukainya seperti bermain, berlari, dan lain sebagainya.

Dehidrasi pada kucing dapat terjadi setiap saat. Jika kucing melakukan aktivitas yang sangat intensiv atau perjalanan jauh tentu dia akan mengalami dehidrasi yang serius. Jika tidak ditangani dengan serius, masalah ini tentunya dapat menyebabkan implikasi yang serius pula.

Sebaiknya awasi si kucing saat catlovers berada didekatnya. Selain itu selalu sediakan air dengan wadah yang cukup besar didekat tempat tidur si kucing.

Adapun gejala atau ciri-ciri umum yang bisa catlovers amati agar dapat mencegah kucing terkena dehidrasi, antara lain:

  1. kucing bernafas terengah-engah
  2. lidah menjulur keluar
  3. mulutnya terbuka lebar.
20161205064222 - Ciri-Ciri Kucing Terkena Dehidrasi
Selalu jaga kesehatan kucing mu ya !

Jika kucing catlovers melakukan tindakan diatas segera siapkan air minum untuk si kucing.

Selain ciri-ciri umum di atas, ada pula ciri-ciri yang menunjukkan bahwa kucing catlovers mengalami dehidrasi yang serius, antara lain:

  1. Nafas kembang kempis seperti kelelahan
  2. Mata terlihat cekung
  3. Mulut selalu kering, bisa juga terlihat jika kucing selalu menjilati mulut.
  4. Kulit cenderung berkerut karena mengalami elastisitas yang buruk
  5. Pada cuaca yang ekstrim, kucing akan membuka mulut lebar-lebar sambil menjulurkan lidah.

Jika kucing catlovers mengalami hal tersebut, sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan agar ditangani dengan baik. Selalu sediakan air minum yang sehat. Air yang sehat berupa air putih yang bersih dan tidak terlalu panas.

Selau awasi dan atur pola makannya juga. Dengan mengantisipasi pola makan dan pola hidup kucing catlovers,  maka dehidrasi pada kucing dapat dicegah agar tidak berdampak buruk bagi kucing dan catlovers sendiri.

(Baca juga : 13 Photo Kucing Sebelum dan Sesudah Diadopsi, Beda Banget !! )

Komentarmu Apa?