Ciuman dari Kucing dan Anjing Mematikan ?

1185

Didalam mulut kucing dan anjing terdapat bakteri Capnocytophaga yang berbahaya jika masuk kedalam tubuh manusia.

17264331 1660954253919875 5238726630542306340 n - Ciuman dari Kucing dan Anjing Mematikan ?
Benarkah ciuman dari kucing dan anjing bisa mematikan ?.

Kucinglucu.net – Apakah kamu suka membiarkan kucing dan anjingmu mencium dan menjilat bagian tubuhmu ?. Bagi pecinta kedua hewan tersebut, mendapatkan ciuman dari anak bulu adalah suatu kesenangan tersendiri. Namun tahukah kamu jika didalam rongga mulut mereka terdapat kuman yang berbahaya jika masuk kedalam tubuh manusia, Dan bahkan sempat memakan korban ?.

(Baca juga : 7 Pekerjaan Manusia yang Dikerjakan oleh Kucing).

Seperti diberitakan dari nationalgeographic, Julie McKenna adalah salah satu korban dari jilatan peliharaannya. Cerita bermula saat Julie tiba di rumah sakit Mildura, Australia. Saat itu dirinya hampir tidak bisa berbicara. lengan dan kaki dingin dan berbintik-bintik, wajahnya juga berubah ungu.

Dokter yang menangani kala itu mendiagnosis bahwa Julie berada dalam bahaya septik-bakteri di dalam aliran darahnya yang menyerangnya dari dalam. Namun demikian meski telah diberi antibiotik, ternyata warna ungu tersebut terus menyebar, dan organ tubuhnya mulai rusak. Pada akhirnya, lengan dan kaki Julie mulai berubah menjadi hitam.

Julie dirawat di rumah sakit selama lebih dari dua minggu, hingga akhirnya dokter mengidentifikasi bakteri dalam darahnya. Hasilnya mengejutkan. Dokter menemukan serangga Capnocytophaga canimorsus, serangga ini adalah hewan yang ditemukan pada air liur anjing dan kucing yang sehat.

Baru saat itulah Julie ingat, seminggu sebelum jatuh sakit, kaki kirinya pernah tersiram air panas. Sebenarnya lukanya tidak terlalu parah, namun dia membiarkan anjingnya menjilati luka tersebut.

Akhirnya dengan terpaksa dokter harus mengamputasi betis kiri, kaki kanan, dan setiap jari tangan Julie.

Floyd Dewhirst, ahli genetika bakteri sekaligus seorang profesor pengobatan oral dari Forsyth Institute di Harvard, mengatakan ada sekitar 400 sampai 500 spesies bakteri melimpah yang hidup di mulut manusia. Dia dan rekannya mengidentifikasikan pada mulut anjing terdapat 400 jenis bakteri, sedang pada kucing ada 200 bakteri yang bersembunyi.

Pahami setiap detail hewan peliharaan mu.

Dari kisah diatas, jangan lantas menjadi alasan bahwa kita harus menjauhi kucing dan anjing. Sebagai owner, itulah mengapa kita perlu memperhatikan dan memahami setiap detail dari hewan peliharaan kita.

Untuk berjaga-jaga lakukan tindakan seperti memberi obat cacing secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, pemeriksaan kesehatan tahunan, pengobatan kutu, memberi pakan secara benar dan sehat, mencuci bersih bagian tubuh yang terkena air liur dan kotoran mereka, dan terakhir yang tak kalah penting adalah melakukan vaksinasi terhadap kucing atau pun anjing yang menjadi hewan peliharaan mu.

(Baca juga : Kucing Suka Menjilati Kamu ?. Ini Alasannya).

Komentarmu Apa?