ini Cara Memandikan Kucing yang Benar

744

Merawat kucing memang gampang-gampang ribet. Tapi kalo untuk kucing yang disayangi, kenapa enggak? Kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi selalu menjaga kebersihan kucing juga termasuk ibadah bukan?.

Salah satu cara menjaga kebersihan dan kesehatan kucing adalah memandikannya. Memang bukan hal yang gampang apalagi kucing tidak terlalu suka dengan air.

Berhubung salon kucing untuk tarif mandi memang mahal, catlovers bisa kok memandikannya di rumah dengan cara-cara berikut ini:

1. Memilih waktu yang tepat
Semua makhluk hidup memang tidak pernah suka dipaksa. Kucing jika terlalu sering  dipaksa justru malah akan merasakan stres. Oleh sebab itu jika kucingmu tidak ingin mandi, sebaiknya dilakukan esok hari.

2. Lakukan pemotongan kuku terlebih dahulu
Lakukanlah pemotongan kuku beberapa jam sebelum proses memandikan, sehingga kucing merasa lebih tenang setelah kuku-kukunya dipotong. Di samping itu juga untuk mengurangi luka akibat cakaran.

3. Sisir bulu kucing
Lakukan dengan lembut dan perlahan. Ini berguna untuk menghilangkan kotoran pada bulu.

4. Siapkan bak mandi untuk kucing
Taruh kucing dalam bak mandi khusus untuk memandikan kucing yang belum terisi air selama beberapa menit lalu angkat terlebih dulu. Ini bertujuan agar si kucing tidak merasa panik atau takut saat mulai dimandikan, karena sudah bisa beradaptasi dengan bak mandi yang berisi air.

5. Isi bak dengan air hangat
Ada baiknya percikan perlahan air hangat sebelum mulai memandikan kucing agar tidak panik.

6. Mulai memandikan
Guyur dengan air secara perlahan, lalu gosok dengan sabun secara lembut. Mulai dari bagian kaki,perut,dan leher. Jangan sampai terkena wajah apalagi hidung dan mata.

7. Bilas hingga bersih
Siram dengan air hingga semua sabun tidak tersisa.

8. Keringkan
Selimuti terlebih dulu kucing dengan handuk kering. Kucing yang berambut pendek  mungkin bisa menyelesaikan pengeringan dengan hanya menduduki atau tiduran pada handuk yang kering. Sedangkan kucing yang berambut panjang  perlu disisir dengan lembut. Untuk mempercepat pengeringan bisa menggunakan hair dryer atau pengering rambut, namun tidak dianjurkan jika kucingmu takut.

Sebaiknya tutup pintu kamar mandi sebelum mulai memandikannya untuk mengantisipasi kucing kabur. Dan gunakan sarung tangan atau baju lengan panjang agar kulit catlovers tidak terkena cakaran.

Demikian tips singkat dari KucingLucuNet. Share tips ini yah ke teman lainnya.

baca juga: Surat dari Seekor Kucing Liar

Komentarmu Apa?