Kucing Suka Menjilati Kamu ?. Ini Alasannya

6685

Ini 7 alasan kenapa kucing suka menjilati kamu.

7 alasan kenapa kucing suka menjilati kamu. Gambar : catster.
7 alasan kenapa kucing suka menjilati kamu. Gambar : catster.

Kucinglucu.net – Kucing adalah binatang yang suka kebersihan. Hampir semua kucing termasuk harimau senang menjilati tubuhnya untuk membersihkan badan. Saat kucing menjilati tubuhnya, berbagai jenis kotoran akan disapu lidahnya yang mirip penggosok bulu karena ada banyak bulu-bulu halus (pappilae) di permukaannya.

(Baca juga: Cara Sederhana Menyayangi Kucing).

Lantas apa artinya jika kucing suka menjilati tubuh pemiliknya ?. Simak penjelasannya seperti yang dilansir dari catster berikut ini

#1. Tanda ia sayang kepadamu.

Yang jones tenang ya, kucing masih sayang kamu ko.
Yang jones tenang ya, kucing masih sayang kamu ko.

Karena kucing nggak bisa ngomong langsung “i love u” jadi untuk menunjukan rasa sayangnya kucing akan menjilati majikannya. Kamu nggak perlu khawatir jika si doi melakukan cara ini, karena artinya kucingmu benar-benar merasa aman berada di dekatmu. Kamu juga sudah dianggap sebagai anggota keluarga, itulah mengapa ia ingin membersihkan kamu sebagaimana induknya dulu menjilatinya ketika masih bayi.

#2. Membersihkan.

come here hooman
come here hooman

Diatas sudah disinggung, kucing adalah binatang yang suka kebersihan. Baik jantan atau betina, kucing akan menjilati tubuhnya untuk membersihkan diri. Jadi saat kucing menjilati tubuhmu artinya kamu kotor dan bau…wkwkw kurang ajarr. 

#3. Sarana ikatan sosial.

Kucing adalah binatang yang mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Mereka akan saling menukar aroma tubuhnya sebagai tanda ikatan sosial. Biasanya aktivitas ini dilakukan oleh anak-anak kucing yang bersaudara, atau kucing dewasa yang tidak berhubungan tapi masih berteman dengan baik. Jadi beruntunglah kamu, karena kucing mencoba ingin terus akrab denganmu.

#4. Flashback masa kecil.

Beberapa ahli percaya bahwa anak kucing yang ditinggal induknya atau yang disapih terlalu dini akan menunjukan perilaku seperti menjilat atau memijat. Seolah belum puas, kucing akan melakukan sifat naluriah yang didapat dari perilaku induknya saat ia kecil dulu.

#5. Penanda teritorial.

Tubuh kucing mengandung feromon yang berfungsi sebagai penanda wilayah dan alat komunikasi dengan kucing lain. Saat kucing menjilat dan menggosokan badannya, aroma tersebut akan keluar dan menempel di permukaan tubuhmu. Ciee.. ciee yang diaku jadi milik kucing.

#6. Membalas kebaikan.

Bagi kucing, menjilat sama dengan memberikan rasa nyaman. Sama ketika kamu mengelus-elus tubuh kucingmu. Jadi jika kucing menjilatimu itu berarti ia mencoba untuk membalas kebaikan majikan yang telah memberinya rasa nyamamn dan kasih sayang. Good job hooman !.

#7. Gejala stress.

Menjilat memang kebiasaan umum yang sering dilakukan kucing, namun jika ia menjilat secara berlebihan bisa jadi kucingmu sedang mengalami stress. Kondisi ini dinamakan feline hyperesthesia yaitu sebuah kondisi dimana kucing mengalami stress dan berusaha untuk menenangkan diri dengan cara menjilat-jilat.

Tonton juga video berikut:

Jika kamu merasa terganggu dengan jilatan kucing kamu bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain. Ingatlah untuk tetap lembut dan hindari reaksi fisik seperti berteriak keras atau melempar dan memukulnya dari pangkuanmu. Apa kucing kamu juga suka menjilatimu di rumah ?.

(Baca juga : Pernah Dipijat Kucing ?. Ini Alasan Kenapa Kucing suka Memijat).

Komentarmu Apa?