Memisahkan Kucing yang Berkelahi? Kenapa Tidak?

1700

Jangan ragu untuk memisahkan kucing yang berkelahi.

memisahkan kucing berkelahi - Memisahkan Kucing yang Berkelahi? Kenapa Tidak?
Jangan ragu untuk memisahkan kucing berkelahi. Gambar : catster

Kucinglucu.net – Konflik sepele maupun rumit bisa menjadi hal yang dapat menyebabkan pertengkaran. Sebaiknya untuk mengatasi suatu masalah dengan cara yang lebih dingin dan bukan mengatasi masalah dengan masalah lainnya. Namun terkadang banyak juga yang mengatasi masalah dengan emosional, bahkan menyebabkan perkelahian.

(Baca juga : Kenali Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Terlambat Mengobatinya).

Layaknya manusia, kucing yang kadang terlihat lucu dapat pula berkelahi dengan kucing lainnya. Biasanya perkelahian tersebut didominasi oleh kucing jantan, karena jarang sekali melihat kucing betina yang saling berkelahi.

Adapun sebab-sebab yang biasanya dapat menimbulkan perkelahian para kucing :

#1. Hormon.

Saat beranjak dewasa (sekitar usia 2-4 tahun), kucing jantan akan mulai mencari pasangan mereka. Para pejantan akan bertarung untuk memperebutkan betinanya. Langkah pertama untuk menghentikan pertarungan mereka adalah dengan mensteril kucing. Atau kamu juga bisa membeli produk feromon yang nantinya dapat mengurangi perkelahian mereka.

#2. Kucing lain yang memasuki wilayahnya.

kucing adalah binatang teritorial. Saat kamu membawa kucing baru ke rumah, secara alami kucing baru akan mendirikan wilayahnya, sedang kucing lama akan mempertahankan tempatnya.

#3. Cemburu.

Kucing jika bisa mengalami cemburu. Saat kamu membawa kucing baru ke rumah, pastikan kucing lama juga mendapatkan perhatian yang cukup.

Meski kucing memiliki tubuh yang kecil dan terlihat lucu, namun saat berkelahi dengan kucing lainnya catlovers harus waspada jika ingin memisahkan keduanya. Karena cakaran dan gigitan si kucing dapat menimbulkan infeksi yang cukup serius.

Adapun cara-cara aman yang dapat digunakan untuk memisahkan perkelahian sengit antar kucing :

#1. Siram dengan air.

Siram disini bukan digebyur air satu ember ya, kasian hihi. Menggunakan pistol air adalah cara yang mudah dan ampuh. Ada baiknya kamu punya semprotan air dirumah untuk tujuan satu ini.

#2. Buat suara gaduh/ bunyi-bunyian.

Menakut-nakuti kucing dengan suara yang lumayan keras akan membuat mereka refleks memisahkan diri karena kaget. Nggak usah khawatir, Ini lebih baik dari pada mereka harus terluka karena perkelahian.

#3. Melempar dengan bantal.

Jika kucing di dalam rumah dan berkelahi, catlovers bisa menggunakan bantal yang empuk untuk dilempar agar membuat mereka terpisah. Selain itu bantal empuk tidak akan menyakiti kucing-kucing kesayangan Anda.

#4. Menggunakan makanan kesukaan kucing.

Cara yang terbilang cukup mudah dan tidak mengambil resiko adalah dengan cara memancing perhatian si kucing dengan makanan. Agar kucing mengalihkan perhatian dari pertengkaran.

Perlu diingat, cara diatas hanya bisa digunakan untuk memisahkan kucing sementara. Mensteril kucing anda dapat membuat kucing terhindar dari perkelahian. Jangan sekali-kali memukul atau menakut-nakuti dengan sapu. Cara tersebut hanya akan membuat kucingmu lebih agresif dan bisa menghancurkan kepercayaannya.

Semoga berhasil yah aunty dan uncle semua. Setelah membaca tulisan ini, jangan lupa dishare yah ke pecinta kucing lainnya ^_^

(Baca juga : Buka Pintu !! Jangan Biarkan 13 Kucing ini Mati Konyol).

Komentarmu Apa?