Mengenal Japanese Bobtail, Si Kucing Aktif dan Pintar

0
169
Kucing Japanese Bobtail
Mengenal kucing jenis Japanese Bobtail, si kucing aktif dan pintar.

Daftar Isi

Seperti apa sih ciri fisik dan karakter kucing Japanese Bobtail?

Kucinglucu.net – Penasaran dengan silsilah kucing bobtail yang satu ini? Seperti namanya, kucing dengan ekor bundel ini ada di Jepang sejak beberapa abad yang lalu. Manuskrip dan lukisan kuno juga mengabadikan mengenai kucing pintar ini di Jepang.

Bahkan beberapa orang percaya bahwa si japanese bobtail ini merupakan perwujudan dari Manekineko. Sebuah patung kucing pembawa keberuntungan yang umum kita jumpai di banyak toko. Sayangnya, asumsi ini belum bisa dibuktikan secara pasti sampai saat ini.

Kucing lokal ini mempunyai ras yang terbentuk secara alamiah. Varietas bulu kucing ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan berbulu panjang. Sedangkan untuk tekstur bulu tentu saja sangat lembut.

Kucing dengan ekor buntel ini biasanya akan mempunyai tiga hingga empat anak untuk setiap kali kehamilan. Uniknya, anak – anak kucing japanese bobtail yang baru lahir punya ukuran yang lebih besar dibandingkan anak kucing pada umumnya. Anak kucing ras ini juga belum pernah dijumpai lahir dengan ekor sepenuhnya ataupun tanpa ekor sama sekali.

Mengenal Ciri Fisik Japanese Bobtail

Ciri fisik kucing ras Japanese Bobtail. Gambar: @catbreedsinfo

Sekilas dilihat kucing ini mirip dengan kucing kampung pada umumnya, ya? Nah, untuk pecinta kucing pemula, ciri – ciri fisik japanese bobtail berikut ini akan membantu kita mengenali mereka dalam sekejap.

  • Mempunyai bentuk telinga yang lebih panjang dan lebar dari kucing kampung kebanyakan.
  • Ukuran tubuh kucing terbilang sedang dan berotot (tidak bergelambir ataupun gemuk).
  • Bentuk kepada kucing ini terlihat segitiga dengan setiap sisi kepala yang terasa sangat lembut ketika diusap.
  • Ciri wajah kucing ada di hidung yang terbilang mancung, mata oval yang besar.
  • Bentuk ekornya sangat bervariasi dan bersifat unik bagi setiap kucing japanese bobtail. Mulai dari melengkung, bengkok bahkan kombinasi keduanya menyesuaikan bentuk tubuh kucing itu sendiri.
  • Kucing japanese bobtail mempunyai bulu dengan tekstur yang sangat halus dan membuat pemiliknya tidak perlu menyisirnya setiap hari.
  • Ukuran kaki belakang lebih panjang dari kaki depannya. Ini membuat bagian belakang kucing ini terkesan seolah lebih besar.
  • Cakar kukunya berbentuk oval.
  • Warna japanese bobtail tidak selalu berwarna belang dengan variasi 3 warna. Ada juga yang hanya punya dua bahkan satu warna saja.

Sembilan ciri fisik di atas tentu sudah sangat membantu Anda mengenali si japanese bobtail, ya? Terlepas dari ciri fisiknya yang lucu, nyatanya karakteristik mereka juga sangat menarik. Kucing jenis ini terkenal aktif dan cukup vokal berinteraksi dengan pemiliknya.

Personality dan Karakteristik

Personality dan karakter kucing Japanese Bobtail. Gambar: @catbreedsinfo

Kucing dengan ras ini juga terbilang sangat aktif bahkan sejak usia dini. Jika memilikinya, Anda tentu saja serasa mempunyai teman main yang seru di rumah. Dilansir dari forum pecinta kucing, bahkan beberapa pemilik menjumpai kucing ini seolah bernyanyi. Wah lucu sekali, bukan?

Mereka juga bisa berperan sebagaimana anjing yang membawa barang atau mainan di mulutnya. Anda bisa mencoba permainan lempar tangkap atau permainan sederhana membuat mereka melompat – lompat. Karena watak dasarnya yang aktif, tentu saja kucing ini akan selalu asik diajak bermain.

Tidak hanya kuat dan kebal penyakit, kucing bobtail ini juga sangat pintar. Meraka termasuk hewan peliharaan yang cepat beradaptasi dengan hal baru. Mulai dengan beradaptasi dengan lingkungan baru, orang baru bahkan dengan hewan peliharaan lain. Hal ini tentu saja membuat kucing japanese bobtail cocok bermain bersama anak – anak sekalipun.

Tips Singkat Perawatan

Bagaimana, tidak sabar mengadopsi si kucing aktif nan pintar yang satu ini? Tentunya Anda juga perlu mengetahui tips dasar seputar perawatannya. Tentunya supaya kucing kesayangan ini bisa tumbuh dan punya usia yang panjang.

Sebagai kucing yang personality aktif, japanese bobtail ini terbilang manja atau membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Anda mesti sering – sering meluangkan waktu bermain dengan mereka. Meskipun begitu, suaranya sama sekali tidak berisik dan mengganggu. Keistimewaan kucing ini bukan sekedar ada pada ekornya, tapi ada pada caranya melakukan interaksi dengan pemiliknya.

Untuk perawatannya, Anda bisa memandikannya secara berkala. Menyikat gigi kucing juga penting dilakukan agar tidak sampai terjadi karang gigi. Lalu untuk menyisir bulu, Anda cukup melakukannya 1 minggu bahkan 2 minggu sekali. Hal ini karena bulu mereka terbilang sangat lembut jadi intensitas penyisiran masih bisa diminimalisir.

Membahas soal adopsi, kira – kira berapa budget untuk bisa membawa pulang kucing manis ini? Anda bisa melakukan adopsi dengan pemilik lain dengan kisaran biaya 75 – 150 dolar. Sedangkan harga kucing japanese bobtail di peternak bisa dibeli dengan kisaran harga 600 – 1.600 dolar. Kisaran harga ini tentu saja bisa berubah sewaktu – waktu dan punya rentang berbeda di setiap negara.

Bagaimana ? Tertarik untuk mengadopsi?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here