Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing

1752

Ada 5 jenis pola warna tabby pada kucing, Classic, mackerel, spotted, ticked dan patched tabby. Kenali perbedaan masing-masingnya.

20161205064136 - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
Mengenal perbedaan pola warna tabby pada kucing.

Kucinglucu.net – Salah satu pola warna yang paling diminati pada kucing adalah tabby. Bagi yang awam dengan pola warna kucing, biasanya memanggil kucing tabby dengan sebutan “si belang”. Entah pada kucing ras atau domestik, tabby adalah pola warna yang umum ditemui. Karena memang pada dasarnya semua kucing adalah berpola tabby. Hanya saja ada tabby yang terlihat jelas, dan tabby yang tertutupi.

(Baca juga : Kenali Sifat Kucing Melalui Warna Bulunya).

Kucing tabby memiliki pola mencolok berbentuk huruf “M” di dahinya. Beberapa  percaya bahwa M adalah kata untuk Mau, kata untuk kucing di Mesir Kuno. Ada pula yang berpendapat bahwa M adalah singkatan dari Muhammad SAW, dikabarkan kucing beliau yang bernama Muezza juga memiliki pola tabby. Sedang yang lain percaya bahwa tanda M adalah berkah dari bunda maria.

Ada 5 jenis pola tabby pada kucing, masing-masingnya memiliki tanda unik tersendiri yang perlu kamu tahu. Kenali perbedaannya :

1. Classic / blotched tabby.

Classic tabby memiliki pola tebal dan motif garis melingkar disepanjang sisinya. Pada beberapa kucing, pola ini terlihat seperti lingkaran target.

taby clasic - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
tabby clasic.

2. Mackerel tabby.
Garis pada kucing tabby mackerel cenderung tipis, berbeda dengan clasik taby yang tebal. Pola garisnya juga tidak putus dan jarak antar garis belang umumnya sama. Pola garis ini cenderung dimulai dari kepala, menyusuri sisi badan kucing dan berakhir di ekor

mackerel tabby - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
Mackerel tabby (depan), dibelakangnya patched tabby.

Nama mackerel sendiri berasal dari pola garis belakang tulang punggung yang menyerupai bentuk tulang ikan. Berasal dari satu garis dan bercabang ditiap sisinya.

3. Spotted tabby / tabi tutul.
Tabby pada pola ini memiliki garis bulu yang putus putus sehingga terlihat seperti titik-titik. Titik ini muncul dalam berbagai bentuk. Ada yang besar ada yang kecil. Ada yang bulat, oval ada pula yang berbentuk seperti mawar.

spotted tabby - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
Spotted tabby.

4. Ticked tabby.
Berbeda dengan kucing tabby lain, kucing ticked tabby tidak memiliki pola garis yang jelas. Namun masih memiliki tanda “M” yang sama di dahi. Ticked tabby juga disebut dengan agouti tabby.

ticked tabby - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
Ticked tabby.

5. Patched tabby.
Patched tabby memiliki pola warna yang tercampur dengan warna Tortoiseshell (3 warna). Seekor tortie yang juga membawa gen tabby biasanya disebut dengan torbie. Ciri yang paling khas pada kucing tabby ini paling sering berada di kaki dan kepala kucing.

patched tabby - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
Patched tabby

Apa itu Agouti ?.

Diatas adalah beberapa jenis pola tabby pada jenis kucing. Selain tabby adalagi pola warna agouti yang juga kamu perlu tahu. Diatas sudah disinggung tentang patched tabby yang juga dikenal sebagai agouti tabby. Lalu apa itu sebenarnya agouti ?.

Agouti adalah kode genetik yang sifatnya dominan.Gen ini lah pembawa warna tabby yang sebenarnya. Ditandai dengan kode AA. Resesifnya adalah non agouti. Non agouti terkadang terlihat seperti taby tapi sebenarnya tidak memiliki gen agouti,  ditandai dengan aa. Seekor kucing dengan warna solid terlahir karena ia membawa gen non agouti.

agouti - Mengenal Perbedaan Pola Warna Tabby pada Kucing
Agouti pada kucing berwarna hitam.

Keterangan :

AA
homozygous agouti
pola tabby dapat terlihat
Aa
heterozygous agouti
Pola tabby dapat terlihat, carrier non-agouti
aa
homozygous non-agouti
pola tabby tidak bisa dilihat

Sudah mulai paham ?. Atau justru bingung ?. Untuk lebih jelasnya yang perlu kamu ingat tentang pola warna kucing tabby adalah adanya pola seperti huruf “M” didahi. Gen Agouti adalah seperti tombol on-off untuk memperlihatkan pola tabby pada kucing. Jika memiliki kucing dengan gen Agouti, maka kucing akan terlihat tabby nya. Jika tidak ada gen Agouti, maka pola tabby akan samar atau tidak terlihat.

 

Komentarmu Apa?