Setelah Operasi Kebiri, Begini Cara Merawat Kucing

23

kucing lucu – Kamu akan merasa khawatir dengan kondisi yang mungkin terjadi pada si kucing jantan kesayangan  setelah melakukan operasi kebiri. Apakah perlu perlakuan khusus atau yang lainnya. Penyembuhan dan perawatan pasca operasi memang sangat perlu untuk diperhatikan agar si kucing dapat kembali sehat dan ceria.

animal 3359871 1920 300x148 - Setelah Operasi Kebiri, Begini Cara Merawat Kucing

Berikut ini kami rangkum tata cara merawat kucing jantan yang telah selesai melakukan operasi kebiri :

  1. Ruang penyembuhan

Ruang penyembuhan dengan suasana yang tenang tentu sangat diperlukan untuk si kucing yang baru selesai menjalani operasi karena pada masa 18 hingga 24 jam pertama setelah anestesi, si kucing akan merasa kebingungan dan juga mual. Pastikan juga ruang penyembuhan si kucing tetap terlihat, jauh dari jangkauan hewan lain dan anak- anak, hal ini menghindari juga si kucing cepat marah.

  1. Memastikan kenyamanan

Kenyamanan si kucing menjadi prioritas yang sangat  tinggi untuk diperhatikan. Kamu dapat menyimpan selimut atau bantal yang empuk pada tempat istirahat si kucing. Atau kamu juga dapat meletakan tempat tidur si kucing di area yang berlantai kayu atau ubin, karena kucing akan senang untuk mendinginkan perutnya di lantai yang keras dan dingin dengan tujuan untuk meredakan rasa sakit setelah operasi.

  1. Pencahayaan ruang istirahat

Setealah operasi, kucing masih dalam pengaruh obat bius dan ia akan sangat sensitif terhadap cahaya. Kamu hanya perlu untuk menjaga cahaya ruangan tersebut untuk tetap redup atau mungkin kamu dapat mematikan cahaya lampu di ruang istirahat si kucing.

  1. Menyediakan makanan, minuman dan kotak kotoran bersih di area terdekat

Pasca operasi, kucing sangat tidak dianjurkan untuk memanjat, melompat atau beraktivitas berat, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penyembuhannya. Kotak kotoran yang disediakan sebaiknya menggunakan koran atau kertas yang sudah dihancurkan. Usahakan lokasi makanan, minuman dan kotak kotoran di area terdekat dengan si kucing untuk menghindari kucing banyak bergerak.

  1. Jaga kucing untuk tetap berada di dalam ruangan

Setidaknya selama 2 minggu pasca operasi, jangan biarkan si kucing keluar rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga titik operasinya tetap bersih, kering dan terhindar infeksi.

baca juga : Kebiri Kucing Jantan ? Perlukah ?

Komentarmu Apa?